Tips dan Trik

Syarat Mendirikan Depot Air Minum

Summary

Mendirikan depot air minum adalah keputusan yang sangat bagus. Hal ini juga mengingat bahwa kebutuhan masyarakat akan air minum isi ulang semakin banyak. Air minum isi ulang jelas berbeda dengan air rebusan. Air isi ulang sudah memiliki jaminan kelayakan untuk […]

Mendirikan depot air minum adalah keputusan yang sangat bagus. Hal ini juga mengingat bahwa kebutuhan masyarakat akan air minum isi ulang semakin banyak. Air minum isi ulang jelas berbeda dengan air rebusan. Air isi ulang sudah memiliki jaminan kelayakan untuk dikonsumsi masyarakat. Memiliki usaha depot air minum juga bisa menjadi jalan kemudahan dalam meraih banyak keuntungan. Dengan menjalankan bisnis ini, Anda akan terhindar dari resiko kerugian yang besar. Apalagi memang air merupakan kebutuhan penting bagi semua orang.

Menjadi agen dan distributor toko depot air minum memang bagus. Namun, dibalik itu semua tentu ada beberapa hal yang menjadi syarat dapat berdirinya depot air minum. Ada syarat-syarat penting yang menjadi sahnya sebuah depot lantas berdiri. Bagi Anda yang ingin membuka usaha toko depot, tentu Anda perlu tahu beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam membangun usaha depot air minum ini.

Apa Saja Syarat Sah Berdirinya Depot Air Minum?

Tidak hanya kebutuhan mesin dan jasa pemasangan mesin paket depot air minum, yang perlu Anda perhatikan saat membangun usaha depot air. Anda juga perlu mempertimbangkan terkait syarat sah yang harus dipenuhi saat Anda akan membangun sebuah depot air minum. Mengapa dibutuhkan persyaratan ini? Semua persyaratan dalam pendirian depot, akan menjadi jaminan kepercayaan yang masyarakat yang nantinya lantas menjadi pelanggan Anda.

Nah bagi Anda yang sudah tidak sabar ingin tahu apa saja persyaratan yang harus dipenuhi, maka berikut di bawah ini bisa Anda simak dengan baik Beberapa syaratnya:

  • Harus memenuhi dokumen dari kepmenperindag

Kepmenperindag telah menyatakan dalam aturan dasar pengusaha depot air minum agar memiliki tanda daftar. Tanda daftar yang harus dipenuhi ini ada dua, yakni tanda daftar industri dan tanda daftar usaha perdagangan. Setiap tanda daftar ini harus memiliki investasi usaha yang jumlahnya tidak sedikit, yakni sekitar 200 juta rupiah. Hal ini tidak termasuk komponen bangunan usaha.

Selain tanda daftar, pengusaha depot juga harus punya surat jaminan pemasokan air baku dari PDAM. Pengusaha depot air juga harus punya hasil uji lab yang menyatakan air kelayakan air minumnya.

  • Membawa dokumen syarat pendaftaran

Secara garis besar, syarat nomor satu di atas adalah bagian dari proses sahnya suatu depot air dapat berdiri. Namun, tentu dibaliknya ada beberapa dokumen syarat yang juga harus dipenuhi. Diantaranya seperti FC KTP, FC KK, surat rekomendasi dari perangkat desa, pas foto, bukti pelunasan PBB dan reklame, dan sertifikat sanitasi depot air minum.

  • Mengisi formulir

Saat mendaftarkan usaha depot, Anda juga harus melakukan pengisian formulir. Isi dari formulir tersebut diantaranya adalah seperti, kolom nama, kolom nomor KTP, nomor telepon yang masih aktif, alamat, nama kegiatan usaha, sarana prasarana dalam usaha yang digunakan, dan juga total modal usaha yang dimiliki.

Nah beberapa syarat di atas adalah syarat umum dan utama yang harus Anda urus terlebih dulu. Jika ada salah satu saja syarat yang tidak Anda penuhi, maka bisa jadi usaha depot yang Anda miliki akan ditutup secara paksa karena tidak adanya surat ijin. Tidak hanya itu, jikapun Anda telah melakukan pendaftaran, lantas Anda melanggar aturan dalam pembukaan ijin depot air minum, maka Anda bisa mendapatkan teguran hingga pencabutan surat ijin berdagang. Amankan usaha Anda dengan mendaftarkan secara resmi terlebih dulu. Sehingga usaha yang Anda kelola jadi lebih aman dan nyaman dijalankan.