Shah Jahan dan Mumtaz Mahal: Kisah di Balik Pembuatan Taj Mahal

Taj Mahal merupakan salah satu bangunan yang sangat terkenal dan bahkan menjadi salah satu keajaiban dunia yang masih terjaga hingga saat ini. Setiap tahun, banyak wisatawan berkunjung ke tempat yang terletak di India ini. Namun, tahukah Anda bahwa di balik pembuatan Taj Mahal, ada kisah cinta abadi Shah Jahan dan Mumtaz Mahal?

Memang, Taj Mahal sebagai simbol cinta sudah banyak di kenal oleh masyarakat secara luas. Bangunan yang terletak di Agra, atau tepat di tepi sungai Yamuan, India ini memang melambangkan kisah cinta yang begitu mempesona. Terlebih, dengan bangunan yang menjulang dan sangat indah.

Namun, belum banyak yang mengetahui bagaimana kisah cinta antara Shah Jahan dan Mumtaz Mahal yang menjadi sebab pendirian bangunan ini.

Seorang Istri yang Sangat Dicintai

Shah Jahan merupakan seorang pangeran yang berasal dari Kekaisaran Mughal. Ia bertemu dengan Mumtaz Mahal ketika Mumtaz berkeliling menjajakan manik dan kain sutra. Mumtaz yang saat itu bernama MumtazulZamani tak kuasa untuk menolak cinta dari sang pangeran.

Pada tahun 1612, Shah Jahan akhirnya menikahi Mumtaz dan menjadikannya sebagai permaisuri ketiga yang ada di istana mewah yang ia miliki. Ketika naik tahta, MumtazulZamani berubah nama menjadi Mumtaz Mahal. Arti dari nama ini adalah Perhiasan dalam Istana.

Pemberian nama MumtazulZamani tersebut bukan tanpa alasan. Ia adalah istri yang sangat dicintai oleh Shah Jahan. Kisah cinta Shah Jahan dan Mumtaz Mahal adalah kisah cinta abadi yang sangat romantis.

Sayangnya, ketika melahirkan buah hati yang ke-14, ia meninggal dunia. Shah Jahan sangat sedih dan terpukul. Ia berjanji tidak akan menikah lagi setelah kematian istri yang sangat ia cintai tersebut.

Tidak hanya itu, sebagai bukti cinta abadi darinya, ia menyuruh pembangunan Taj Mahal sebagai makam yang paling megah untuk sang istri tercinta. Bangun Taj Mahal bukan bangunan yang biasa. Ada marmer puti dan lebih dari 40 jenis batu permata yang digunakan. Juga, hampir seluruh bagian dari Taj Mahal dibangun dengan simetris dan tanpa celah.

Objek Wisata yang Sangat Terkenal

Saat ini, Taj Mahal menjadi salah satu objek wisata yang sangat terkenal. Setiap musim liburan, wisatawan dari berbagai penjuru dunia banyak yang datang untuk melihat bagaimana keindahan bangunan yang satu ini.

Jika Anda memiliki keinginan untuk berkunjung ke Taj Mahal, maka Anda bisa menaiki kereta Bhopal Shatabdi dari stasiun Delhi. Perjalanan akan ditempuh sekitar 3 jam karena jarak yang cukup jauh.

Selain itu, ada banyak penginapan di sekitar Agra yang bisa dipilih untuk menunjang liburan. Hanya saja, tiket untuk masuk ke Taj Mahal bisa dikatakan cukup mahal sekitar 750 rupee.

Nah, tertarik untuk berkunjung ke bangunan yang merupakan tanda cinta abadi Shah Jahan dan Mumtaz Mahal?