Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking

Kehebatan smartphone mempermudah manusia melakukan segalanya. Satu diantaranya adalah melakukan transaksi perbankan. Semua transaksi perbankan bisa dilaksanakan lewat smartphone dengan modal akses internet.

Sekarang ini kemudahan layanan perbankan bisa Anda nikmati dengan pemakaian internet banking dan mobile banking. Kedua layanan ini sama-sama bisa dipakai lewat smartphone dengan memakai akses internet. Tetapi, kedua layanan ini mempunyai perbedaan di beberapa sisi.

Internet Banking

Internet banking sebagai salah satu layanan perbankan yang dalam pemakaiannya memerlukan akses koneksi internet. Layanan perbankan ini manfaatkan kecanggihan internet sebagai media untuk lakukan semua transaksi bisnis dan memperoleh info berkaitan bank lewat website yang dimiliki oleh bank.

Dengan memakai internet banking, nasabah tetap tersambung dengan bank tanpa perlu datang ke kantor bank langsung. Internet banking bisa dijangkau bukan hanya lewat smartphone. Layanan ini bisa dijangkau lewat komputer, tablet, netbook, yang sudah pasti tersambung dengan koneksi internet.

Fitur yang bisa Anda pakai saat memakai internet banking cukup banyak. Lewat internet banking, Anda semakin lebih mudah untuk memperoleh informasi berkaitan perbankan. Contoh informasi umum yang Anda peroleh saat memakai internet banking yakni informasi berkaitan rekening tabungan, giro, atau deposito.

Info berkaitan perubahan rekening, transfer dana, dan pembelian pulsa dapat dicari lewat internet banking. Disamping itu, Anda dapat secara mudah membayar tagihan listrik, air, internet, layanan TV kabel, atau pembayaran tagihan yang lain.

Supaya Anda bisa rasakan manfaat dari internet banking, Anda harus mendaftarkan lebih dulu ke kantor bank. Sesudah mendaftarkan, Anda akan memperoleh user id, password, dan kode OTP atau token.

Langkah menggunakan internet banking, pertama kali Anda harus masuk ke website bank. Pastikan website itu sebagai website yang betul-betul dimiliki oleh bank. Pada halaman awalnya, Anda akan disuruh untuk masukkan user id dan password. Dan di saat Anda melakukan transaksi, Anda akan disuruh untuk memasukkan kode OTP yang sudah Anda dapatkan sebelumnya. Sesudah melakukan transaksi, bank akan menyampaikan pesan pemberitahuan ke email Anda sebagai bukti transaksi.

Mobile Banking

Sesudah mengetahui seluk beluk mengenai internet banking, selanjutnya perlu Anda ketahui apa itu mobile banking dan fitur layanan yang disediakan. Sama seperti dengan internet banking, mobile banking memerlukan akses koneksi internet untuk dapat menggunakanya. Perbedaannya adalah mobile banking hanya bisa dijangkau lewat smartphone atau handphone.

Fitur yang bisa Anda nikmati dalam menggunakan mobile banking bermacam-macam. Anda bisa memperoleh layanan informasi berkaitan saldo, perubahan saldo rekening, dan suku bunga. Anda dapat memakai mobile banking untuk cari lokasi cabang/ATM paling dekat. Anda dapat lakukan transfer antar rekening atau antar bank secara mudah dengan memakai mobile banking.

Selain layanan bank itu, Anda dapat memakai mobile banking untuk lakukan transaksi bisnis keuangan yang lain. Seperti misalnya membayar seperti tagihan listrik, air, bahkan juga internet. Pembelian pulsa dapat Anda lakukan lewat mobile banking.

Sama seperti dengan internet banking, pemakaian mobile banking dengan diawali registrasi ke kantor bank. Langkah pemakaiannya sama seperti internet banking. Perbedaannya Anda diwajibkan masukkan kode PIN saat sebelum lakukan transaksi perbankan memakai mobile banking.

Untuk Anda nasabah Bank Rakyat Indonesia atau BRI, Anda dapat nikmati kemudahan-kemudahan transaksi  perbankan dengan memakai internet banking maupun mobile banking. klik promo.bri.co.id  untuk mengetahui penjelasan yang lebih kengkap.