Mengenal Kandungan Jeruk Selain Vitamin C

Jeruk merupakan buah sejuta umat yang disukai oleh banyak orang. Buah ini mempunyai banyak jenis yang bisa dipilih sesuai dengan kegunaannya. Rasa setiap jeruk juga berbeda dari yang asam hingga manis, sehingga hal tersebut juga bisa mengakomodasi dari selera banyak orang. Kandungan nutrisi di dalam buah ini juga tidak perlu dipertanyakan karena memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Buah jeruk dikenal bagus untuk menjaga daya tahan tubuh, membantu meredakan batuk, hingga sakit tenggorokan. Kandungan buah ini yang paling dikenal adalah vitamin C yang bermanfaat untuk mengatasi batuk dan menjaga daya tahan tubuh. Selain vitamin C, jeruk juga mempunyai kandungan lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan.

Kandungan Nutrisi Dalam Jeruk

Di dalam buah jeruk mengandung nutrisi berikut ini.

  1. Karbohidrat

Kandungan pertama yang juga bisa didapatkan dari jeruk adalah karbohidrat. Dalam 100 gram buah ini mempunyai karbohidrat dengan total 11,8 gram. Karbohidrat merupakan salah sat kandungan yang paling banyak dimiliki oleh buah ini selain juga air. Kandungan karbohidrat dalam jeruk mempunyai bentuk gula sederhana yaitu glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Gula tersebut mempunyai jeruk mempunyai rasa manis yang bisa dirasakan oleh pecinta jeruk. Akan tetapi walaupun berasa manis, Anda tidak perlu khawatir karena nilai indeks glikemiknya juga rendah sehingga akan lebih aman untuk dikonsumsi dan tidak membuat gula darah cepat naik.

  1. Serat

Kandungan dalam jeruk selanjutnya adalah serat yaitu dalam 100 gram jeruk mempunyai kandungan serat 2,4 gram. Serat jeruk berasal dari pektin, selolosa, hemislulosa, dan lignin. Sehingga hal tersebut akan baik untuk membantu pencernaan lebih lancar dan bisa menjadi sumber makanan yang baik untuk bakteri yang ada di dalam usus. Dengan kandungan serat sehat ini dapat membuat jeruk membantu untuk menurunkan kadar kolesterol.

  1. Vitamin dan mineral

Buah jeruk sudah terkenal dengan kandungan vitamin C yang dimilikinya. Kandungan di dalamnya dapat membantu untuk mencukupi kebutuhan vitamin C harian tubuh. Selain vitamin C, jeruk juga mempunyai kandungan vitamin lainnya seperti asam folat atau vitamin B9 dan vitamin B1 atau thiamin. Jeruk juga kaya akan mineral seperti potassium yang memberikan manfaat untuk menurunkan tekanan darah bagi yang menderita tekanan darah tinggi. Kandungan tersebut sangat efektif untuk membantu menjaga kesehatan organ jantung dan juga peredaran darah lebih lancar.

  1. Senyawa tanaman

Kandungan yang ada di dalam jeruk terakhir adalah senyawa tanaman flavonoid. Kandungan tersebut dapat berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah efek buruk paparan radikal bebas yang dapat mengganggu kesehatan. Antioksidan juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit hingga mencegah kanker. Sehingga dengan mengonsumsi jeruk secara rutin dapat bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan.

Manfaat Jeruk untuk Kesehatan

Buah jeruk dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan seperti:

  1. Dapat membantu menurunkan kolesterol dan mencegah stroke hingga penyakit jantung.
  2. Baik untuk menjaga kesehatan mata.
  3. Baik untuk melindungi kulit.
  4. Mendukung kesehatan tulang.
  5. Dapat mengontrol tekanan darah.
  6. Membantu menjaga suasana hati.
  7. Bagus untuk pencernaan.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat dari kandungan kesehatan, Anda bisa mengonsumsi jeruk secara rutin. Mendapatkan jeruk juga sangat mudah bahkan sekarang ini bisa dibeli secara online. Anda bisa membelinya di TaniHub yang menyediakan banyak jenis jeruk sesuai kebutuhan. Buah jeruk dari tempat ini juga dijamin segar, pengiriman satu hari, dan bisa melayani pesanan ke berbagai daerah.