Menarik! Berikut Cara Memperbaiki Mobil Lecet Ringan

Bodi mobil yang lecet merupakan suatu kondisi yang tidak bisa Anda hindari sebagai pemilik mobil. Biasanya, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari terkena ranting kayu, benda tajam, benturan atau kecelakaan dan faktor lainnya.

Dari beberapa faktor tersebut, menghasilkan lecet yang berbeda-beda. Ada yang lecet ringan, sedang hingga lecet dalam. Cara memperbaikinya pun tidak sama, berikut ini adalah penjelasan cara memperbaiki mobil lecet sesuai dengan kondisinya. Simak baik-baik, ya!

Cara Memperbaiki Mobil Lecet Ringan

Lecet ringan pada bodi mobil ini maksudnya lecet yang tidak sampai merusak lapisan cat dasar mobil. Hal ini biasanya disebabkan karena goresan kuku atau terkena goresan kain yang permukaannya kasar. Cara membersihkan bodi mobil yang mengalami lecet ringan sangat mudah.

Anda bisa menggunakan beberapa peralatan rumah tangga yang ada di rumah, seperti lotion obat nyamuk atau pasta gigi. Cara memperbaiki lecet ringan menggunakan lotion obat nyamuk ialah sebagai berikut:

  • Bersihkan terlebih dahulu bodi mobil, terutama pada bagian yang lecet. Pastikan bodi mobil dalam keadaan kering.
  • Kemudian, oleskan lotion obat nyamuk pada bagian yang terkena lecet.
  • Tunggu sekitar 15 hingga 20 detik.
  • Setelah itu, bilas menggunakan air bersih dan keringkan dengan kanebo.
  • Anda bisa mengulangi cara tersebut agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Memperbaiki Mobil Lecet Sedang

Lecet sedang pada bodi mobil biasanya ditandai dengan lecet yang cukup dalam hingga cat dasar mobil Anda bisa terlihat. Kemungkinan, hal ini terjadi akibat mobil terkena kawat, paku, ranting paku dan lain-lain.

Anda perlu mengulang mengecat mobil untuk memperbaiki bagian mobil yang mengalami lecet sedang. Tidak perlu sampai memberi cat dasar, cukup dengan melakukan pengecatan di area yang lecet. Berikut caranya.

  • Bersihkan bodi mobil yang lecet hingga bersih, lalu keringkan.
  • Selanjutnya, bersihkan bagian yang lecet menggunakan grease remover. Fungsinya untuk menghilangkan sisa-sia cat yang terkelupas dan akan mengganggu proses membersihkan lecet.
  • Setelah membersihkan sisa-sisa cat, lakukan pengecatan ulang sesuai dengan warna cat mobil Anda. Yang harus diingat, Anda tidak perlu lagi memberi cat dasar sebelum mengecatnya.

Cara Memperbaiki Mobil Lecet Dalam

Jenis lecet satu ini lebih parah dibandingkan lecet sedang. Di mana, lecet dalam sudah merusak lapisan cat dasar bahkan sampai mengenai material logam bodi mobil. Biasanya, proses menghilangkan lecet dalam harus dilakukan pengecatan dari awal dan membutuhkan waktu yang lama.

Cara memperbaiki lecet dalam pada bagian bodi mobil ialah sebagai berikut:

  • Bersihkan bodi mobil dengan cara diamplas pada bagian yang terkena lecet. Lakukan hingga permukaan bodi mobil terlihat merata.
  • Mengamplasnya menggunakan amplas yang berukuran 1500 grit.
  • Setelah itu, bersihkan menggunakan air dan keringkan.
  • Kemudian, beri dempul mobil secara merata pada bagian yang sudah diamplas. Tunggu hingga dempul benar-benar kering.
  • Saat dempul sudah kering, amplas lagi permukaan bodi yang telah diberi dempul tersebut hingga mulus.
  • Lakukan pengecatan dasar. Sebaiknya, gunakan warna yang berbeda dengan warna cat mobil Anda. Tunggu cat hingga benar-benar kering.
  • Selanjutnya, lakukan lagi pengecatan yang sesuai dengan warna mobil Anda dan lecet pada mobil akan menghilang.

Demikianlah cara memperbaiki mobil yang lecet ringan hingga dalam yang bisa Anda lakukan sendiri. Akan tetapi, alangkah baiknya untuk membeli asuransi mobil agar lebih terjamin. Salah satunya membeli di perusahaan asuransi PT Anugrah Atma Adiguna yang juga bekerja sama dengan Lifepal.

Mereka menawarkan produk asuransi mobil terbaik untuk berbagai merek mobil, mulai dari Honda, Audi, Mitsubishi dan masih banyak lagi. Selain asuransi mobil, perusahaan ini juga menyediakan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap, silakan kunjungi website resminya di duitpintar.com. Semoga bermanfaat!