Kemitraan Peternak Sapi Lokal dan Upaya Genjot Produksi Susu Lokal

Kebutuhan akan susu sapi memang cukup tinggi karena susu sapi memiliki nutrisi yang cukup bagus untuk manusia. Oleh karena itu, PT Nestle juga terus berupaya untuk mendapatkan pasokan bahan baku susu sapi dari peternak sapi tak terkecuali peternak sapi lokal. Agar mendapatkan hubungan yang bagus, membangun kemitraan peternak sapi lokal memang sangat penting. Melalui CSV (Creating Shared Value), semuanya akan mendapatkan keuntungan dalam mengelola susu sapi untuk diproduksi.

Pentingnya kemitraan peternak sapi lokal

Memang menjalin kemitraan sangat penting dalam usaha tak terkecuali kemitraan dengan para peternak sapi lokal bagi perusahaan susu sapi. dengan kemitraan, maka perusahaan bisa menyerap pasokan bahan baku susu segar untuk diproduksi dan juga bisa memberikan bantuan kepada peternak sapi lokal terkait teknologi penyimpanan susu yang berkualitas, pasokan bahan baku pakan ternak, hingga upaya pemberdayaan peternak. Selain itu, dari Kementrian Pertanian (kementan) juga mewajibkan para industri pengolahan susu untuk menjalin kemitraan dengan para peternak sapi lokal yang tentu saja bertujuan untuk mendorong peningkatan volume produksi dan kualitas susu nasional.

Selain itu, pentingnya kemitraan peternak sapi lokal juga tertuang di peraturan menteri pertanian nomor 26 tahun 2017 tentang penyediaan dan peredaran susu terutama susu segar dalam negeri. Prinsipnya, harus saling menguntungkan antara perusahaan dan peternak sapi lokal sehingga peningkatan kualitas dan produksi susu segar dalam negeri akan tercapai. Selain itu, dalam permentan juga mengatur pedoman teknis dan juga berbagai pola kemitraan yang bisa dilakukan oleh industri produksi susu dan importir dan salah satunya adalah tentang penyerapan susu segar produksi peternak.

Untuk meningkatkan produktivitas susu dengan kegiatan seperti bantuan ternak, fasilitas lahan pangan, peningkatan kualitas SDM/ peternak, kemudahan akses permodalan dan juga pembangunan desa susu atau klaster peternakan maka pada pedoman teknis juga menyebutkan akan adanya tim analis yang melakukan penilaian dan evaluasi kemitraan. Di Dalam pedoman teknis dijelaskan bahwa nantinya akan ada tim analis yang melakukan penilaian dan evaluasi kemitraan serta evaluasi kemitraan dilakukan untuk menilai keberhasilan pelaksanaan kemitraan yang telah dilaksanakan sekaligus sebagai bahan pertimbangan kebijakan pada tahun berikutnya.

PT Nestle melalui tim Milk Procurement dan Dairy Development (MPDD) akan memberikan pendampingan teknis dan juga finansial kepada peternak sapi perah untuk membantu meningkatkan produktivitas dan kualitas susu segar yang dihasilkan. Untuk menjalin kemitraan peternak sapi local, para peternak juga akan diberikan pelatihan tentang praktik-praktik peternakan sapi perah yang baik dan berkelanjutan yang juga mencakup teknik instalasi water ad libitum dikandang sapi. dengan kata lain, di Nestle, kemitraan dengan peternak sapi lokal akan memberikan dampak yang sangat baik untuk kedua belah pihak.