Kelebihan dan Cara Merawat Mesin Creasing Porforasi Manual

 

Mesin creasing porforasi manual merupakan alat yang berfungsi untuk membuat garis lekukan pada kertas sesuai dengan keinginan. Dengan mesin ini, Anda bisa membuat lekukan pada kertas lebih rapi, lurus, dan presisi. Selain itu, mesin ini juga mampu membuat lubang putus-putus yang biasanya untuk pembuatan karcis tiket, nota, faktur, dan lainnya. Dengan bentuknya yang cukup sederhana, mesin ini mudah untuk digunakan oleh siapa saja.

Lebar dari mesin ini kurang lebih 36 cm dengan berat mesin kira-kira 7 kg. Mesin ini biasa digunakan dalam pembuatan undangan, katalog, brosur, kardus makanan, dan semacamnya. Dengan fungsinya bermacam-macam tentu mesin ini sangat berguna terlebih untuk Anda yang ingin merintis usaha di bidang percetakan.

Mesin creasing ini terdiri dari dua jenis yaitu mesin creasing manual dan mesin creasing otomatis. Mesin creasing manual tidak menggunakan listrik dan sangat terbatas dalam penggunaanya sedangkan mesin creasing otomatis menggunakan tenaga listrik sehingga dapat memuat lebih banyak kertas. Selain itu juga mesin creasing otomatis lebih cepat sehingga pekerjaan Anda dapat terselesaikan dengan cepat.

Namun, pembahasan di bawah ini mengenai kelebihan dan cara merawat mesin creasing porforasi manual. Karena memang mesin creasing porforasi manual banyak yang memilikinya. Lihat lebih dalam tentang kelebihan mesin creasing porforasi manual dan cara merawatnya di bawah ini.

Kelebihan Mesin Creasing Porforasi Manual

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh mesin creasing porforasi manual ini. Kelebihan-kelebihan tersebut antara lain :

Dilengkapi dengan 3 mata pisau diantaranya rel biasa, rel cover buku, dan porforasi

  • Tekanan dari mesin yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan
  • Adanya komponen yang disediakan
  • Hasil rell dari mesin ini rapi, tipis, dan halus
  • Tersedia anlek rell untuk cover buku
  • Pada mesin ini banyak jenis kertas yang bisa digunakan yaitu Art paper, Art carton, HVS, dan lainnya. Mesin ini juga mampu memuat kertas 100 hingga 250 gsm.

Cara Merawat Mesin Creasing Porforasi Manual

Ada beberapa cara untuk merawat mesin ini, Anda dapat menerapkan cara-cara di bawah ini untuk merawat mesin creasing Anda. Berikut cara-caranya.

Pastikan Anda tidak melebihi batas kertas untuk dilakukan creasing atau lekukan. Jika melebihi batas standar yang telah ditentukan maka kemungkinan besar mesin tidak akan dapat bekerja dan dapat menyebabkan mesin cepat rusak.

  • Jangan biarkan staples kertas ikut tercraise di dalam mesin karena dapat membuat pisau crease tumpul.
  • Jika pisau crease atau porforasinya sudah tumpul atau tidak tajam lagi, Anda dapat menggantinya dengan yang baru.
  • Selalu bersihkan mesin setelah digunakan agar proses kerja Anda tidak terhambat.

Itulah kelebihan dan cara merawat mesin creasing porforasi manual. Tentukan terlebih dahulu jenis mesin creasing yang akan Anda pilih sebelum membelinya. Dan untuk Anda yang ingin membeli mesin creasing porforasi termurah, Anda bisa membelinya di toko online Maxipro.co.id.