Jenis-Jenis Rantai Besi dan Harga Jualnya

 

Rantai besi adalah kumpulan link yang dicintai menjadi satu hingga mencapai panjang yang diinginkan sesuai dengan kebutuhannya. Sebenarnya selain rantai yang terbuat dari besi ada juga rantai yang terbuat dari baja dan juga plastik. Ketiga bahan baku ini memang yang paling sering digunakan sebagai bahan utama pembuatan rantai. Namun, dari ketiganya rantai berbahan besilah yang paling banyak digunakan baik dalam kehidupan sehari-hari rumah tangga maupun di perkantoran.

Kegunaan rantai dikehidupan sehari-hari didalam rumah tangga adalah untuk merantai pagar rumah, merantai kendaraan seperti sepeda atau ban motor. Lalu rantai jenis ini juga dapat digunakan untuk membantu menarik kendaraan yang mogok, mengikat barang atau bagi anda yang memiliki hewan peliharaan, rantai ini juga dapat digunakan sebagai pengekang hewan anda. Apabila di perkantoran biasa rantai ini digunakan sebagai alat bantu pengikat barang logistik, alat bantu untuk mengangkat barang bahkan dapat digunakan sebagai dekorasi ruangan.

Jenis-jenis rantai besi dan harganya

Rantai dengan bahan baku besi ini sendiri memiliki tiga jenis rantai yang berbeda berdasarkan bahan pelapisnya. Ketiganya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, berikut adalah jenis-jenisnya dan karakteristik dari masing-masing rantai :

1. Rantai tanpa pelapis

Rantai yang tidak menggunakan pelapis ini biasanya lebih rentan terkena karat, maka dari itu ada baiknya digunakan di lokasi yang tidak membuatnya mudah terkena korosi agar lebih awet.

2. Rantai Galvanis

Rantai berlapis galvalis ini memang tidak mudah terkena karat, karenanya rantai ini dapat digunakan untuk area-area seperti dipinggir pantai atau menjadi rantai yang dipakai diluar ruangan, namun rantai galvanis tetap akan dapat berkarat apabila tidak dirawat dengan benar.

3. Rantai Stainless Steel

Rantai berlapis stainless steel jauh lebih kuat terhadap karat dari pada yang tidak dilapisi maupun galvanis. Karena itu rantai dengan lapisan stainless steel cocok digunakan di pinggir pantai atau dimana saja, bahkan sebagai rantai pembatas di lautan sekalipun.

Harga Rantai Besi

Jika berbicara tentang harga jual dari rantai dengan bahan baku besi ini, tentu harganya juga akan bervariasi tergantung jenis, ukuran dan berapa panjang rantai yang anda butuhkan. Berikut adalah harga jual yang paling banyak ditawarkan dipasaran :

  1. Rantai besi tanpa pelapis, harga yang biasanya ditawarkan adalah mulai dari Rp. 10.000,- hingga Rp. 1.500.000,- tergantung dari ukuran rantai yang diinginkan dan juga panjang dari rantai tersebut.
  2. Rantai galvanis, harga untuk rantai ini dimulai dari harga Rp. 35.000,- hingga Rp. 2.000.000,- tergantung ukuran rantai dan panjang yang diinginkan.
  3. Rantai stainless steel, rantai jenis ini paling banyak digunakan oleh banyak produk dan tentu saja harganya juga jauh lebih bervariasi. Biasanya harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 20.000,- hingga Rp. 2.000.000,- tergantung ukurannya dan juga panjangnya.

Nilai jual rantai besi di pasaran selain berdasarkan dari ukuran, jenis dan panjang tentu juga berdasarkan pabrik yang membuatnya. Biasanya bila pabrik atau produsennya sudah terkenal, tentu harganya juga akan cukup mahal.  Jika anda butuh info distributor jual rantai besi, cek disini!