Festival Tong-Tong Klek Rembang 2022

REMBANG, Dikutip dari berita rembang terbaru lingkarjateng.id, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Rembang telah menentukan skema baru pelaksanaan, tanggal, dan tempat pagelaran pageant tong-tong klek. Ada alasan tertentu taman rekreasi Pantai Kartini dipilih untuk menjadi lokasi panggung peserta tong-tong klek.

Festival Tong-Tong Klek Rembang 2022 Dijadwalkan Pada 27-28 April Mendatang

Kepala Dinbudpar Kabupaten Rembang, Muttaqin menyampaikan, ada beberapa alasan mengapa taman rekreasi Pantai Kartini dipilih sebagai lokasi panggung pageant tong-tong klek, salah satunya untuk mendongkrak kembali eksistensi taman rekreasi Pantai Kartini sebagai wisata yang pernah populer.

 

“Selama 2 tahun pandemi, rasanya sangat sepi di taman rekreasi Pantai Kartini. Sehingga kami mengingatkan masyarakat bahwa taman kartini ini masih ada,” ucapnya.

 

Muttaqin menambahkan, mengingat masih pandemi, konsep festival tong-tong klek kali ini tidak keliling, tetapi terpusat di taman rekreasi Pantai Kartini pada tanggal 27 April dan 28 April 2022. Tanggal 27 April babak seleksi dan grand very last pada tanggal 28 April.

 

“Dua malam berturut- turut semua foremost di panggung terus,” ujarnya.

 

Selain itu, lanjut Muttaqin, lokasi taman rekreasi Pantai Kartini yang tertutup dapat mempermudah pengawasan jumlah pengunjung yang datang pada saat pageant dimulai. Mengingat sesuai aturan PPKM degree 2, pengunjung dibatasi maksimal 50 persen dari kapasitas yang ada.

 

Bagi yang belum bisa menonton secara langsung karena terbentur kapasitas yang terbatas, atau tidak dapat hadir karena jarak yang jauh, Dinbudpar juga telah menyiapkan fasilitas tayangan live streaming melalui akun Youtube Dinbudpar.

6 Cara Mengatasi Susah BAB saat Puasa Ramadhan

“Kembali lagi kita masih pada PPKM level 2, kita maksimalkan 50 persen dari kapasitas yang ada. Maka dari itu, untuk memfasilitasi keterbatasan penonton, nanti tong-tong klek kita gelar secara stay streaming,” ujarnya.

 

Ia menambahkan, untuk masyarakat yang ingin datang langsung ke lokasi, tidak perlu risau terkait adanya tiket masuk taman rekreasi Pantai Kartini, karena khusus pada pagelaran pageant tong-tong klek kali ini tidak ada biaya tiket masuk alias free of charge.

 

“Atas arahan dan petunjuk dari Bapak Bupati, berilah kesempatan kepada masyarakat untuk bisa menikmati penampilan tong-tong klek dari para seniman ini. Sehingga, untuk penonton nanti kita bebaskan dari penarikan retribusi atau bayar tiket di taman rekreasi Pantai Kartini,” pungkasnya. (Lingkar community R. Teguh Wibowo – Koran Lingkar)