Beberapa Elemen Penting Konsep Taman Tropis

Penting untuk memiliki area hijau di sekitar rumah agar udaranya hangat. Dan untuk mewujudkannya, alangkah baiknya jika ada taman yaitu taman tropis yang disesuaikan dengan iklim Indonesia. 

Taman tropis adalah konsep taman yang dirancang menyerupai hutan tropis.  Umumnya digunakan atau menjadi simbol taman tropis, tanamannya beraneka warna dan berdaun lebar.  Selain itu, pesona keindahan taman tropis akan semakin terlihat dengan sedikit rasa rerumputan liar, yang biasanya bisa berupa kolam atau batu alam.

Dalam hal ini, Tukang Taman Jakarta akan mengulas untuk Anda, apa saja hal-hal yang Anda perlukan untuk membuat taman tropis di halaman rumah Anda.  Sebelum membuat taman kita perlu mengetahui elemen-elemen penting untuk konsep taman tropis.

Pengelolaan Pohon Tropis

Ciri utamanya adalah tanaman yang sangat perlu diadaptasi untuk taman tropis. Aneka tanaman tropis berdaun lebar seperti palem, pisang, anthurium dan talas merupakan tanaman yang tidak boleh dilewatkan saat membuat taman tropis.

Saat memutuskan pemilihan tanaman, jangan lupa untuk mempertimbangkan komposisi tanaman. Apakah komposisi ini pohon atau semak dapat dilihat tergantung pada ukuran dan jenis daun pada tanaman.

Elemen kayu 

Elemen selanjutnya sebenarnya adalah elemen kayu. Kayu untuk gazebo atau teras bisa dihadirkan di seberang dek. Pilihan kayu tidak selalu harus kayu alami, karena tergantung budget dan selera Anda. Kayu alami tentu terlihat lebih indah dan alami namun relatif lebih mahal dan membutuhkan perawatan ekstra untuk melindungi kayu dari risiko pembusukan.

Batu 

Elemen batu di taman tropis dapat berupa tangga atau jalan setapak, patung, atau tatanan batu estetis yang unik. Untuk taman tropis di area terbatas, ekstensi terumbu karang dapat menjadi pilihan. Pemilihan batu untuk taman tropis meliputi karang, batu sungai, dan kerikil.

Elemen Air 

Taman tropis juga lekat dengan elemen air. Jika Anda memiliki area yang luas, kolam renang akan melengkapi keindahan taman tropis Anda. Suasana kolam yang dihiasi pepohonan tropis pasti akan membuat Anda serasa sedang berlibur di sebuah vila. Namun jika lahan tidak cukup, Anda bisa membangun kolam ikan atau water wall atau air terjun kecil di salah satu sudut taman.

Gazebo 

Terletak di area taman, tempat ini akan menambah fungsionalitas taman tidak hanya untuk keindahan rumah tetapi juga untuk area berkumpul keluarga.Taman tropis biasanya didominasi oleh material kayu. Saat di atap atau canopy, Anda bisa menggunakan bahan atap atau bahan alami seperti fiberglass dan bambu.

Lampu Taman 

Saat membuat desain taman tropis, jangan lupa untuk memasang lampu hias. Kap lampu yang mirip gazebo bisa menjadi pilihan untuk tampilan taman yang lebih unik. Namun karena taman tropis pada dasarnya menggunakan cahaya untuk menciptakan perasaan hangat bahkan di malam hari. 

Anda dapat memilih lampu taman biasa tanpa hiasan. Mengutip Tukang Taman Semarang, Sebaiknya Tambahkan lampu sorot atau spotlights pada tanaman tropis berukuran besar untuk memberikan nuansa dramatis pada taman.