Bagaimana Acarbose Mempengaruhi Kontrol Glikemik?

Acarbose adalah penghambat alfa-glukosidase dan obat yang dapat digunakan dalam pengobatan diabetes tipe 2. Ia bekerja dengan menghambat pencernaan karbohidrat, yang dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah pasca makan pada penderita diabetes tipe 2. Acarbose juga mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 untuk orang yang berisiko tinggi, jadi ada baiknya mempertimbangkan jika Anda memiliki pradiabetes atau berisiko tinggi terkena diabetes tipe 2.

Pencernaan karbohidrat adalah proses dimana enzim memecah dan menghidrolisis rantai polisakarida dari karbohidrat kompleks menjadi monosakarida seperti glukosa. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda mempertimbangkan untuk memulai inhibitor alfa-glukosidase seperti Acarbose: Acarbose tidak bekerja untuk semua orang. Ini terkait dengan sejumlah efek samping, termasuk perut kembung, diare, kram perut dan mual.

Jika Anda kesulitan minum pil atau kapsul, kemungkinan besar Anda akan mengalami masalah dengan Acarbose. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet 100 mg dan 50 mg. Namun jangan khawatir, Acarbose juga tersedia dalam bentuk suspense cair untuk Anda yang kesulitan meminum pil.

Acarbose juga tidak cocok jika Anda memiliki masalah kandung empedu, pankreatitis atau riwayat obstruksi usus. Pengobatan dengan Acarbose dapat mengurangi penyerapan mineral tertentu seperti kalsium dan zat besi dalam tubuh, jadi pastikan untuk mendiskusikan hal ini dengan dokter Anda sebelum memulai pengobatan.

Anda perlu mengonsumsi Acarbose setiap kali makan. Acarbose bekerja paling baik bila diminum tiga kali sehari, bersamaan dengan makanan. Dokter Anda akan menyusun jadwal berapa lama untuk minum obat, tetapi kebanyakan orang meminumnya dua kali sehari dengan makan malam dan sarapan pagi.

Merupakan ide yang baik untuk menguji kadar glukosa darah Anda sebelum Anda mulai menggunakan Acarbose, dan kemudian setiap 3 bulan sekali untuk tahun pertama. Anda perlu mewaspadai gejala gula darah rendah atau gula darah tinggi agar bisa mendapatkan pengobatan jika diperlukan.

Acarbose sangat efektif untuk terapi obat pada penderita diabetes tipe 2, yaitu untuk menurunkan kadar glukosa darah. Jika Anda ingin menggunakannya, segera pergi ke apotek untuk membeli obat ini dengan mendapatkan harga Acarbose 100 mg yang terjangkau.

Penting juga untuk menjaga makanan dan camilan teratur saat mengonsumsi Acarbose. Obat ini dapat mempersulit untuk mengetahui kapan Anda mengalami reaksi gula darah rendah, jadi lakukan yang terbaik untuk memeriksa apakah Anda memiliki gejala seperti lapar, gemetar, mual atau berkeringat dan obati dengan tepat. Tidak lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter Anda.