Amalkan dan Baca Doa Ini Untuk Kedua OrangTua Anda

Banyak dari hadist dan Al-Quran yang mengatakan untuk terus berbakti kepada kedua orangtua kita. Ini lah yang membuktikan kuasa Allah akan kehadiran kita didunia tidak akan pernah ada jika kedua orangtua kita tidak merawat sebaik mungkin. Maka dari itu, pembaktian ini juga sangat penting bagi kita. Lalu bagaimana dengan orangtua yang sudah meninggal? Pembaktian tidak hanya dilakukan semasa orangtua hidup saja, tapi juga dilakukan setelah orangtua kita telah tiada.

Doa Agar Orang Tua Masuk Surga Dan Dilindungi Hingga Hari Kiamat

Robbanaghfirlii waliwalidayya walilmu’miniina yauma yaquumul hisaab”

Artinya: “Ya Rabb kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).” (QS. Surat Ibrahim: 41)

Doa Meminta Ampunan Dan Kebebasan Orangtua Dari Dosa, Agar Dimudahkan Jalannya

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfir Lahu Warhamhu Wa ‘Aafihi Aa’fu ‘anhu Wa Akrim Nuzulahu Wa Wassi’ Madkhalahu, Waghsilhu Bil Maa i Wats-tsalji Walbarodi Wa Naqqihii Minal khathaa Ya Kamaa Yunaqqats-Tsawbul Abyadhu Minad Danas. Wa Abdilhu Daaran khairan Min Daarihii Wa Ahlan Khairan Min Ahlihii Wa Zawjan Khairan Min Zawjihi, Wa Adkhilhul Jannata Wa A ‘Idzhu Min ‘Adzaabil Qobri Wa Fitnatihi Wa Min ‘Adzaabin Naar.”

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua orang tuaku. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, bersihkanlah kedua orang tuaku dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah kedua orang tuaku dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran

Amalan-amalan yang dilakukan ketika orangtua masih hidup

Beruntunglah kita yang masih diberi kesempatan untuk berbakti selagi orangtua masih hidup. Berikut ini beberapa amalan yang wajib kita lakukan semasa orangtua masih hidup.

  1. Menjaga nama baik kedua orangtua
  2. Belajar rajin hingga sukses
  3. Membantu orangtua ketika sedang kesulitan
  4. Membersihkan rumah dan menjaga rumah sebaik mungkin
  5. Melakukan amal ibadah
  6. Menjaga diri sebaik mungkin agar terhindar dari fitnah

Amalan-amalan yang sebaiknya dilakukan untuk membantu orangtua kita yang telah tiada

Selain berdoa, tidak ada salahnya bagi kita untuk melaksanakan amalan-amalan yang baik demi menjaga pahala yang tidak terputuskan untuk kedua orangtua. Beberapa amalan seperti melaksanakan wasiat dan bersedekah atas nama orangtua juga merupakan amalan baik agar tidak terputusnya pahala baik.

  1. Jika orangtua meninggalkan janji atau wasiat, maka laksanakan keduanya sebaik mungkin.
  2. Senantiasa berdoa dan memohon ampunan untuk orangtua selepas sholat fardu maupun sunnah.
  3. Berpuasa sunnah dengan niat amalan ibadah untuk membantu orangtua.
  4. Bersedekah dengan mengutamakan pahala orangtua yang telah meninggal.
  5. Menshalatkan dan menguburkan jenazah orangtua.
  6. Melunasi semua hutang orangtua semasa hidupnya.
  7. Tetap menjalin silaturahmi dengan rekan, sahabat, dan keluarga orangtua.
  8. Melaksanakan ibadah haji untuk orangtua.
  9. Menjaga nama baik orangtua selalu.
  10. Ziarah ke makam orangtua.
  11. Mengaji dengan niat mengirimkan doa kepada orangtua.

Itulah beberapa amalan-amalan yang dapat kita lakukan untuk berbakti serta doa untuk kedua orangtua yang bisa kita amalkan. Semoga artikel ini dapat membantu.