7 Manfaat Minum Air Rebusan Daun Salam Yang Dicampur Kayu Manis Dan Madu

Daun salam sudah lama dikenal sebagai salah satu herbal yang dipercaya ampuh dapat mengobati berbagai penyakit. Tak heran jika banyak orang memanfaatkan daun salam untuk mengobati penyakit mereka.

Nah, untuk mendapatkan manfaat dari kandungan tersebut caranya cukup mudah, yaitu kamu hanya perlu menjadikan daun salam sebagai air rebusan. Berikut ulasan cara mudah membuat rebusan air daun salam :

  • Pertama – tama, siapkan daun lembar 7 lembar, air 1 liter, kayu manis bubuk 1 sendok teh, dan madu 1 sendok makan.
  • Kemudian, rebus daun salam dan kayu manis didalam satu liter air. Kecilkan api lalu biarkan bahan larut selama 5 menit.
  • Selanjutnya, saring dan campurkan madu.
  • Kamu bisa minum air rebusan daun salam ini setiap pagi saat perut masih kosong dan sisanya bisa diminum pada siang atau malam hari.

Lantas, apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan jika minum air rebusan daun salam yang dicampur kayu manis dan madu? Berikut dibawah ini penjelasannya.

  1. Menghilangkan Zat Racun Tubuh

Manfaat minum air rebusan daun salam yang pertama yaitu baik bagi sistem pencernaan manusia. Enzim yang dimiliki daun salam dapat membantu proses pencernaan menjadi lebih mudah.

Dengan demikian, zat beracun yang tak berguna didalam tubuh bisa segera dibuang sehingga pencernaan tetap sehat dan nyaman.

  1. Mengobati Diabetes

Sebuah penelitian membuktikan bahwa daun salam dapat membantu penderita diabetes tipe-2. Fungsinya adalah untuk mengatur metabolisme kadar gula dalam darah. Selain itu, daun salam juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL). Sementara disisi lain dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) pada penderita diabetes tipe-2.

  1. Mengobati Asam Urat

Minum air rebusan daun salam dua kali sehari dipercaya bisa mengurangi kadar asam urat dan masalah yang berkaitan dengan asam urat.

  1. Mencegah Batu Ginjal

Manfaat minum air rebusan daun salam selanjutnya adalah mencegah adanya batu ginjal. Sebuah penelitian pada tahun 2014 menunjukkan bahwa daun salam bisa mengurangi kadar urease didalam tubuh manusia. Urease sendiri merupakan jenis protein yang turut andil dalam pembentukan batu ginjal.

  1. Obat Anti-Radang

Dalam sebuah penelitian di Australia juga ditemukan bahwa daun salam dapat menghambat aktivitas enzim COX-21 yang diketahui memicu peradangan. Kandungan sesquiterpene lactones2 didalam daun salam dipercaya mampu memerangi peradangan dengan menghambat produksi oksida nitrat.

Penelitian menunjukkan bahwa oksida nitrat dalam konsentrasi yang lebih tinggi dapat menyebabkan peradangan. Inhibitor nitrat oksida berperan sebagai pilihan pengobatan penyakit inflamasi.

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Cinnamon atau kayu manis yang dicampur daun salam ini terbukti ampuh dapat mengurangi gula darah yang berperan aktif dalam menurunkan berat badan. Kayu manis mampu mengendalikan kadar insulin dengan sangat baik sehingga dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Saat metabolisme tubuh tinggi, maka karbohidrat sehat akan tersimpan tanpa dirubah menjadi energi yang nantinya akan membakar kalori lebih banyak dalam waktu singkat.

  1. Mencegah Kanker Payudara

Sebuah penelitian pada April 2014 lalu menemukan fakta bahwa ekstrak daun salam dapat mencegah kanker payudara. Salah satu kandungan utama dalam daun salam yakni cineole mampu menekan pertumbuhan sel yang tidak normal pada tubuh.

Selain mencegah kanker payudara, daun salam juga dapat mencegah pertumbuhan sel tidak normal penderita leukemia.