5 Trik Efektif Supaya Anak Menyukai Sayuran

Setiap orangtua pasti ingin memenuhi nutrisi anak agar pertumbuhannya seimbang, baik fisik maupun mental. Sumber nutrisi yang penting dan sebaiknya diberikan pada anak adalah sayuran. Sayangnya, anak seringkali tidak menyukai rasa dari sayuran yang cenderung hambar.

Membuat Anak Suka Makan Sayur

Apakah anak Anda termasuk yang tidak suka makan sayur? Permasalahan ini sebenarnya dialami oleh banyak ibu. Sebab kebanyakan anak tidak menyukai rasa sayuran, bahkan saat diberi sayuran disisihkan ke pinggir piring dan tidak dimakan. Jika Anda mengalami masalah yang sama, bisa coba beberapa cara ini:

1.     Campurkan ke Dalam Makanan Favorit

Anak-anak menolak makan sayuran memang memusingkan, karena orangtua pastinya ingin memberikan nutrisi terbaik bagi anak. Agar anak mau memakan sayuran Anda bisa mencoba mencampurkannya ke dalam makanan favorit si kecil, misalnya anak suka makan pizza, masukkan potongan jagung, wortel ke toping pizza.

2.     Buat Menjadi Olahan Berbeda

Selain mencampurkan sayuran ke dalam makanan favorit, Anda juga bisa membuat olahan sayur menjadi berbeda. Misalnya, dengan mengolah sayur menjadi puding dengan berbagai jenis saus yang berasal dari sayuran ditambah diolah menjadi bentuk menarik.

Atau Anda bisa membuat sayuran menjadi krim sup yang terdiri atas sayuran seperti kentang, wortel, jagung, daging ayam atau sapi, sebagai pelengkap nutrisi anak. Dapat juga memberikan toping sayuran rebus bertekstur lunak dengan rasa yang enak.

3.     Buat Tampilannya Menarik

Anak-anak menyukai bentuk yang unik dan akan lebih tertarik pada makanan dengan bentuk unik ini. Jadi, cobalah kreasikan bentuk sayuran yang Anda berikan kepada anak. Misalnya, menyusun berbagai sayuran menjadi bentuk wajah dan menatanya di piring. Namun, jangan lupa untuk memberikan rasa yang enak agar anak menyukainya dan ingin memakannya lagi.

4.     Ajak Anak Ikut Memasak

Anak selalu tertarik dengan kegiatan yang dilakukan orangtua, salah satunya memasak. Anda bisa mengajak anak memasak bersama dan memberikannya tanggung jawab atas pekerjaan seperti mencampurkan adonan. Berikan pekerjaan ringan yang mudah diselesaikan anak.

Setelah proses memasak selesai, ajak anak menyantapnya bersama. Biasanya anak akan lebih senang memakan makanan hasil buatannya sendiri, karena sudah bersusah payah membuatnya.

5.     Berikan Pujian

Berilah apresiasi pada anak setelah ia berhasil melakukan sesuatu, termasuk setelah anak memakan sayuran. Berikan pujian agar anak merasa bangga dan tahu bahwa yang dilakukannya tersebut merupakan hal baik. Anda juga bisa memberikan reward seperti mainan atau memberikan camilan yang disukai anak.

Anak-anak memang cenderung kurang menyukai makan sayuran, tapi dengan berbagai ide kreatif Anda tetap bisa membuat anak memakan berbagai macam sayuran. Dengan demikian, nutrisi anak tetap terjaga sehingga pertumbuhannya optimal.