4 Gunung di Indonesia Bagian Pulau Jawa dan Bali

Jenis gunung di Indonesia khususnya pada bagian Pulau Jawa dan Bali sangatlah beragam. Mulai dari yang sudah tidak aktif hingga yang masih aktif. Gunung aktif biasa disebut juga dengan gunung berapi. Gunung apa saja sih yang tergolong ke dalam gunung aktif atau gunung berapi? Simaklah penjelasan berikut ini.

1. Gunung Semeru di Jawa Timur

Gunung Semeru merupakan salah satu gunung di Indonesia yang berada di Pulau jawa. Gunung ini memiliki puncak yang disebut dengan Mahameru yang tingginya 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Gunung ini terletak di antara dua kabupaten yaitu Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang.

Kawah pada puncak Gunung Semeru memiliki nama Jonggring Saloka. Gunung ini tergolong aktif karena aktivitasnya tercatat dalam BMKG pada 12 Juni 2006. Dimana pada waktu itu terjadi gempa 1,8 SR karena aktivitasnya. Gunung Semeru ini terakhir meletus pada tahun 2020 yaitu pada 1 Desember 2020.

2. Gunung Merapi di Daerah Kawasan Yogyakarta

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung aktif di Pulau Jawa dan tergolong kedalam gunung api yang sangat aktif di Indonesia. Gunung ini sangatlah besar. Sisi selatannya berada di Kabupaten Sleman. Sisi Barat di Kabupaten Magelang. Dan sisi timur dan utara berada di Kabupaten Klaten.

Gunung Merapi memiliki potensi bencana yang sangat tinggi. Dimana menurut catatan modern, gunung ini mengalami erupsi setiap dua atau lima tahun sekali. Gunung ini juga dikelilingi dengan pemukiman yang padat penduduk. Semenjak 1648, Gunung merapi tercatat sudah meletus sebanyak 68 kali.

3. Gunung Agung di Bali

Di Pulau Bali terdapat gunung aktif yang bernama Gunung Agung. Tinggi dari gunung ini adalah 3.031 mdl. Gunung Agung terletak di Kecamatan Rendang. Kabupaten Karangasem, Bali. Pada gunung ini terletak pura yang sangat penting di Bali yaitu Pura Besakih.

Gunung Agung tergolong ke dalam tipe stratovolcano. Dimana gunung ini memiliki kawah yang sangat besar dan dalam dan terkadang mengeluarkan uap air dan asap. Gunung ini pertama kali meletus pada tahun 1710 hingga 1711. Letusannya mengeluarkan air panas yang merusak desa-desa.

4. Gunung Raung di Jawa Timur

Gunung Raung merupakan gunung berapi kerucut yang berada di ujung timur pulau Jawa. Gunung ini memiliki tinggi 3.344 mdpl. Secara geografis, gunung ini terletak di tiga Kabupaten di Wilayah Besuki, Jawa Timur. Yaitu pada Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso dan Jember.

Gunung ini disebut sebagai gunung di Indonesia yang tertinggi ketiga di Provinsi Jawa Timur setelah Gunung Semeru dan Arjuno. Serta gunung ini menjadi gunung tertinggi keempat di Pulau Jawa. Gunung ini memiliki empat puncak yaitu Puncak Bendera, Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi dan Puncak Sejati.

Sebagai gunung berapi, gunung ini tergolong ke dalam tipe gunung letusan strombolian. Artinya, letusan yang dihasilkan adalah kecil namun terus menerus akan mengeluarkan pijar. Gunung ini pertama kali erupsi pada tahun 1586 dan terakhir tercatat mengalami erupsi pada 21 Januari 2021.

Demikianlah gunung di Indonesia yang masuk kedalam kategori gunung berapi atau gunung aktif. Masyarakat yang berada di sekitar gunung berapi harus selalu siaga dan peka terhadap tanda gunung meletus. Tentunya agar tidak sampai banyak korban yang berjatuhan ketika gunung berapi mengalami erupsi.